Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik Unit Layanan Dasar

Fri, 26 Jul 2019

Pentingnya Keterbukaan Infomari Publik di Unit Layanan Dasar (Pendidikan dan Kesehatan) bagi masyarakat, pasalnya pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan untuk mewujudkan NTB sehat dan cerdas, oleh karena itu Komisi Informasi NTB menyelenggarakan Workshop / Bimtek PPID Unit Layanan Dasar (Pendidikan dan Kesehatan), Kamis (25/07).


Keterbukaan informasi publik merupakan suatu keadaan terbukanya akses atau saluran bagi setiap orang untuk memperoleh informasi publik.

PPID memiliki tanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi di badan publik, sehingga masyarakat dengan mudah memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan.

Gede Aryadi selaku Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB menjelaskan bahwa fungsi PPID melekat pada pejabat publik, seperti kepala sekolah, hanya saja kepala sekolah memiliki keterbatasan waktu sehingga akan ada yang membantu kepala sekolah dalam menyediakan informasi dan dokumentasi publik.

Selain itu, lembaga pendidikan harus memanfaatan teknologi informasi dengan menyediakan sistem informasi berbasis web sehingga memudahakan pelayanan informasi kepada masyarakat. "Akses informasi yang murah, mudah diakses dan cepat perlunya sekolah membangun website sehingga masyarakat tidak datang kesekolah untuk mencari informasi namun dari rumah juga bisa diakses" tuturnya.

Dalam bidang kesehatan, masyarakat sering kali mengeluh terhadap pelayanan kesehatan, salah satunya yang berkaitan dengan BPJS. "Seluruh keluh kesah masyarakat disampaikan langsung kepada gubernur melalui NTB Care" tuturnya.

Sementara itu, Lalu Ahmad Busyairi selaku wakil ketua komisioner Komisi inforamasi NTB menghimbau kepada seluruh PPID di bidang kesehatan untuk sama - sama membuka informasi kepada masyarakat akan menyelamatkan banyak jiwa "PPID membuka informasi bukanlah beban, namun ini menjadi langkah awal untuk memperoleh pahala" tuturnya.

PPID di bidang pendidikan juga dapat memberikan berbagai infromasi, misalnya informasi beasiswa kepada masyarakat. Anak - anak di kota maupun desa dapat mengakses informasi tersebut dan memanfaatkan kesempatan untuk bersekolah dan mencetak generasi emas NTB. (ely - Tim Media)